Teruntuk Mahasiswa Baru..


Selamat datang di dunia perkuliahan. Dunia yang kata kalian waktu masih SMA kemarin, asik karna gak terikat jam masuk yang sama setiap hari, menyenangkan karena gak pake seragam dan bisa pake baju bebas. Penilaian yang sangat tidak salah haha saya pun juga mengaminkan hal tersebut. Silahkan bersenang-senang, nikmati momen dari siswa menjadi mahasiswa, setidaknya sampai seminggu pertama kuliah hehe tidak salah juga sih kalo mau dinikmati sampai berbulan-bulan, sampai semester delapan, justru bagus untuk meningkatkan mood ketika kuliah asalkan tetap serius.  Sebagai yang Alhamdulillah sudah merasakan dunia perkuliahan selama kurang lebih *sensor* tahun, saya ingin sedikit berbagi tips kepada kalian mahasiswa baru di berbagai universitas, dalam menjalani hari-hari awal di kampus. Bukan berarti saya expert soal dunia mahasiswa, saya hanya ingin berbagi berdasarkan pengalaman saya kemarin ketika menjadi mahasiswa yang mungkin juga berbeda dengan kawan kawan seangkatan saya di kampus lain.

  • Manfaatkan momen Ospek

Ospek seperti yang kita tahu merupakan kegiatan pengenalan kampus. Nah, maka dari tau kalian harus benar-benar memanfaatkan momen ospek ini untuk lebih kenal seluk beluk kampus. Bisa sharing sama senior yang jadi panitia ospek, atau sesama temen mahasiswa baru. Entah itu yang bersifat akademis, kayak kuliah nya seperti apa,  absen sistem nya kayak apa, sama seperti waktu sekolah ada sakit (S), izin (I), dan alfa (A) atau enggk, macem macem hal yang kalian bisa tanyain. Selain itu juga perihal non akademis juga wajib kalian tanya, seperti cewek yang cakep itu jurusan mana, kantin yang enak di sebelah mana, tempat nongkrong yang asik di daerah mana, dan macem lain nya.

 

  • Serius sejak hari pertama kuliah

Ospek selesai, jangan berleha-leha terlena rebahan karna capek. Boleh, tapi jangan kelamaan. Serius tapi santai. Adaptasi secepat mungkin. Karna akan berdampak dengan keberhasilan mu di kampus. Kalo bisa sih buat First impression yang baik kepada dosenmu. Jangan terlambat di hari pertama kuliah, jangan juga langsung bolos di hari pertama apalagi langsung titip absen sama temen, bener-bener gak ada akhlaq sah. Ya, itu semua bisa jadi faktor yang akan menentukan nilai mu di akhir semester. Nggak mau kan baru kuliah status semester, IPK mu sangat jeblok?

 

  • Berteman sebanyak banyaknya

Perluas jaringan pertemanan dari jurusan dan fakultas manapun. Dan kalo bisa juga dari berbagai angkatan. Percaya atau tidak, ke depannya itu semua dapat membantu kamu ketika kuliah. Nggak cuma kuliah, tapi juga ke masalah percintaanmu hehe..

 

  •     Gak usah neko neko

Perluas jaringan pertemanan namun juga jangan terbawa arus yang menurut kamu negatif. Karena jangan sampai temanmu malah menjadi penghambat dalam kuliah. Nggak masalah pilih-pilih teman yang menurut kamu baik dan bisa membantumu dalam proses kuliah. Penyesalan selalu datang belakangan lho.

  •   Aktif organisasi

Gak perlu banyak, cukup satu atau dua organisasi yang penting kamu berkontribusi di dalamnya. Pastikan organisasi yang kamu pilih sesuai sama minat dan bakat kamu. Ikut organisasi ini penting untuk melatih skill kamu dalam bersosialisasi dan komunikasi dengan orang banyak dengan latar belakang yang beragam.

  • Ikut Kepanitiaan

Salah satu cara memperluas jaringan pertemanan, selain organisasi, kamu juga bisa ikut kepanitiaan. Berbeda dengan organisasi yang biasanya berjalan satu semester penuh, kepanitiaan gak memerlukan waktu yang panjang. Dan kepanitiaan lebih mudah untuk masuk nya hehe

Itu sedikit pengalaman yang bisa saya bagi. Mudah mudahan bermanfaat. Nikmati kesempatan mu bisa duduk di bangku kuliah, jalani dengan sebaik baik nya. Salam!

 

Komentar