Waspadalah! Waspadalah!

Masa pandemi membuat banyak orang terpuruk secara ekonomi. Pemutusan hubungan kerja, pengurangan jumlah karyawan, sampai susahnya para pencari kerja mendapatkan mata pencaharian. Layaknya hubungan sebab akibat, sulitnya ekonomi mengakibatkan meningkatnya kasus kriminalitas. Hal ini ditambah dengan pembebasan napi dengan status asimilasi karena pandemi corona oleh Pemerintah. Berikut hal-hal yang wajib kita cermati dan waspada


  • ·         Jangan bepergian sendiri
Meski sudah memasuki new normal, belum semua tempat sudah kembali banyak dikunjungi orang. Suatu tempat maksimal hanya dapat dikunjungi 50% dari kapasitas total. Resiko apabila bepergian sendirian, dapat menjadi sasaran kejahatan seperti pencopetan, atau pemerasan. Usahakan minimal bepergian minimal dengan 1 orang. 

  • ·         Selalu waspada dimanapun berada
Masih bersinggungan dengan lokasi yang belum ramai. Belum lama beredar di sosial media terjadi pencurian laptop di sebuah pusat perbelanjaan. Lokasi yang sepi menjadi kesempatan pencuri untuk melakukan tindak kejatahan.
·        
  •            Objek pencurian baru
Pada masa pandemi, bersepeda menjadi olahraga yang mulai banyak digandrungi. Peningkatan terjadi sebesar 200%. Hal ini menjadikan sepeda target pencurian yang marak terjadi. Kejadian dapat berupa pembegalan di jalan, bahkan pencurian sepeda di halaman rumah. Maka, simpanlah sepeda pada tempat yang aman.
·        
  •           Masker
Penggunaan masker di masa pandemi merupakan kewajiban dan menjadi lumrah. Tak terkecuali bagi pelaku kriminal. Dengan menggunakan masker, pelaku kejahatan saat melakukan aksi walaupun berhasil terekam oleh kamera CCTV, identitasnya menjadi sulit teridentifikasi karena wajah yang tertutup masker. Terlebih ketika dipadukan dengan faceshield. Kewaspadaan harus senantiasa dijaga meski sudah mengandalkan kamera pengawas.
 

Komentar