Mudah Berkebun di Rumah

 

 

 

Berkebun di rumah menjadi trend yang belakangan banyak digemari di kala pandemi. Tak heran mengingat berkebun menjadi kegiatan yang dapat mengisi waktu luang ketika bosan di rumah dan dapat mengurangi stres. Selain itu hasil berupa sayur atau buah dapat dinikmati tanpa perlu lagi belanja di pasar atau supermarket. Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk berkebun di rumah?


1.     Menentukan Tanaman

Yang paling utama dan pertama tentu saja memilih tanaman apa yang akan ditanam. Bingung dengan banyaknya jenis tanaman? Mulailah dengan menanam tanaman yang anda sukai. Dapat berupa sayur atau buah yang digemari oleh anggota keluarga. Selain sayur atau buah, bunga juga dapat menjadi pilihan.

Tanaman yang paling sering dipilih yakni cabai atau tomat. Selain benihnya mudah di dapat, cabai dan tomat juga dibutuhkan sebagai bahan masakan. Apabila anda merasa terlalu lama apabila harus menunggu dari benih sampai panen, anda juga bisa langsung membeli tanaman yang berupa bibit yang sudah lumayan besar.


2.    Area dengan cahaya matahari yang cukup

Salah satu faktor yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh yakni cahaya matahari yang cukup. Pilih dan tempatkan tanaman anda pada lokasi yang memiliki cukup cahaya matahari seperti di atap rumah/rooftop, atau di dekat jendela. Sayuran rata-rata membutuhkan cahaya matahari sekitar enam jam per hari.


3.   Persiapkan pot atau wadah

Apabila anda tidak mempunyai lahan yang luas untuk menanam, pot/wadah dapat dijadikan sebagai medium untuk menanam. Tak perlu dengan pot yang mahal, anda dapat menggunakan wadah bekas minuman air mineral gelasan atau botol yang dipotong menjadi dua bagian sebagai pot. Jangan lupa untuk melubangi bagian bawah untuk sirkulasi air dan udara.


4.   Persiapkan media tanam

Selanjutnya persiapkan pula media tanam untuk menumbuhkan tanaman tersebut. Media tanam atau media tumbuh yang paling umum adalah tanah. Sebagian tanaman juga bisa tumbuh di air atau dikenal dengan hidroponik. Apabila kesulitan mendapatkan tanah di sekitar rumah, beberapa toko tanaman juga sudah menyediakan campuran media tanam berupa tanah yang dicampur dengan bahan bernutrisi seperti sekam, kompos, dan pupuk kandang.


Setelah menanam, jangan lupa untuk rutin merawat dengan menyiram tanaman setiap hari. Waktu terbaik untuk menyiram tanaman yaitu ketika pagi hari sebelum jam 9 dan sore hari selepas jam 4. Tapi perlu diingat bahwa berkebun merupakan kegiatan yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Tanaman yang anda tanam bisa jadi tak berbuah atau bahkan mati sebelum berbuah. Ketekunan alam merawat menjadi kunci utama. Kesabaran anda akan berbuah manis ketika dapat memanen dan menikmati sayur atau buah hasil kebun sendiri.

 

 

Komentar